Sistem Penilaian

Sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Program Magister Universitas Hasanuddin, maka bentuk penilaian dari Program Magister Akuntansi adalah:
Penilaian proses pembelajaran mahasiswa dapat dilakukan dalam bentuk ujian tengah dan akhir semester, pelaksanaan tugas, pengamatan oleh dosen, evaluasi lisan, penelitian, dan lain-lain.
Ujian akhir semester suatu mata kuliah hanya dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah mengikuti sekurang-kurangnya 80% dari semua kegiatan akademik mata kuliah tersebut selama satu semester.

Pemberian Nilai Hasil Belajar

  1. Nilai hasil belajar pada akhir semester adalah gabungan nilai dari semua bentuk penilaian selama semester berjalan.
  2. Penilaian dilakukan oleh tim dosen pengasuh mata kuliah dalam bentuk angka untuk selanjutnya dikonversikan dalam bentuk huruf oleh dosen koordinator.
  3. Pembobotan masing-masing bentuk penilaian untuk memperoleh nilai kumulatif di akhir semester dan nilai lulus diserahkan kepada masing-masing dosen.
  4. Nilai hasil belajar dinyatakan dengan huruf yaitu A (4.0), A minus (3.75), B plus (3.5), B (3.0), B minus (2,75), C plus (2,5),C (2.0), dan E (0.0).
  5. Nilai lulus tidak dapat diulang.
  6. Selain nilai tersebut di atas digunakan pula nilai K (kosong) dan nilai T (tunda): Nilai K diberikan kepada mahasiswa yang mengundurkan diri dari mata kuliah secara resmi dan tertulis dengan alasan yang sah. Nilai T adalah nilai yang ditunda karena belum semua tugas akademik diselesaikan oleh mahasiswa pada waktunya. Batas waktu berlakunya nilai T adalah satu bulan terhitung mulai tanggal ujian akhir semester mata kuliah yang bersangkutan.
  7. Apabila mahasiswa tidak menyelesaikan tugasnya dalam waktu tersebut, maka nilai T berubah menjadi E.
  8. Nilai hasil belajar mahasiswa dicantumkan pada Kartu Hasil Studi (KHS) yang diterbitkan Direktur.